Ikan Hias Perikanan

Mengenal Ikan Arwana Secara Singkat

Mengenal Ikan Arwana secara Singkat

Topik kita kali ini ialah mengenal ikan arwana secara singkat. Siapa sih yang tak mengenal dengan ikan yang satu ini. Ikan arwana begitu mempesona. Bisa dibilang arwana merupakan ikan yang sebagian besar ada di ruang tamu rumah para konglomerat. Selain itu arwana adalah ikan yang bisa dibilang mahal harganya.

Mengenal Ikan Arwana secara Singkat

Karakteristik dan Nama Lain Ikan Arwana

Nama ilmiah dari ikan arwana adalah Scleropages formosus. Arwana masuk dalam keluarga ikan “karuhun”, yaitu Osteoglasidae atau keluarga ikan “bony-tongue” (lidah bertulang). Karena bagian dasar mulutnya berupa tulang yang berfungsi sebagai gigi. Selain itu ikan arwana juga memiliki karakteristik badan memanjang, sirip dubur terletak jauh di belakang badan.

Arwana memiki berbagai julukan tergantung dari tempatnya, seperti:

  • Ikan Naga (Dragon Fish),
  • Barramundi,
  • Saratoga,
  • PlaTapad,
  • Kelesa,
  • Siluk,
  • Kayangan,
  • Peyang,
  • Tangkelese,
  • Aruwana, atau Arowana

Ikan Arwana  adalah ikan yang tergolong ke dalam satwa langka Indonesia. Habitat asli ikan ini yaitu di Kalimantan dan juga Papua. Arwana termasuk dalam kelompok ikan primitif yang berevolusi lebih dari 10 – 60 juta tahun (tergantung pada spesies dan tempatnya).

Ikan arwana mempunyai bentuk tubuh yang khas, berkesan gagah dan sedikit angkuh. Ikan ini dilengkapi dengan sungut pada mulutnya dan sisik yang besar dengan susunannya yang harmonis. Hal ini bikin keindahan dari ikan ini sangat menonjol. Ikan ini berenang dengan tenang sehingga bila diletakkan dalam akuarium akan membuatnya terlihat sebagai ikan yang anggun.

Mengenal Ikan Arwana dan Habitatnya

Habitat ikan arwana yaitu di tepian sungai yang ditumbuhi pepohonan sebagai tempat berkembang biak dan bersembunyi. Dimana pepohonan tersebut punya akar di dasar sungai dengan batang pohon di dalam air, namun daun-daunnya rimbun ke atas. Pepohonan ini seperti pohon engkana, putat, rasau, dan entangis.

Di Kalimantan Barat (Kalbar), ikan ini banyak dijumpai di daerah banjiran yang banyak hutan rawa dan dasar tanahnya berkapur. Seperti Kabupaten Kapuas Hulu Kecamatan Slimbau, Kalbar. Sedangkan di Sumatera Selatan (Sumsel) ditemukan di daerah rawa banjiran yang dasar tanahnya bergambut.

Variasi Warna Ikan Arwana

Ikan Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Ada beberapa variasi warna ikan arwana yaitu :

  • Ikan arwana hijau ditemukan di negara Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia.
  • Ikan arwana emas dengan ekor merah ditemukan di negara Indonesia.
  • Ikan arwana emas ditemukan di negara Malaysia.
  • Ikan arwana merah ditemukan di propinsi Kalimantan Barat (Indonesia).
  • Ikan arwana hijau putih ditemukan di propinsi Sumatera Selatan (Indonesia).

Beberapa istilah ikan arwana contohnya arwana Silver, arwana Gold, arwana Super Red dan lain-lain. Tetapi yang memiliki harga jual tertinggi atau paling diminati oleh penggemar ikan ini adalah jenis Super Red. Jenis ini dipercaya membawa keberuntungan (hokie) bagi pemiliknya dan juga pembawa kekayaan. Sekaligus bisa menaikkan status sosial sang pemilik. Terutama bila punya ikan arwana dengan spesifikasi khusus yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pengembangbiakan Ikan Arwana

Pada awalnya ikan arwana dikenal sangat susah buat berkembang biak di luar habitat aslinya. Tetapi pada perkembangannya ikan ini bisa berkembang biak pada tambak ataupun kolam-kolam buatan. Tapi airnya mesti diatur tingkat keasaman ataupun suhunya. Hal ini memungkinkan penangkaran bisa dikerjakan jauh dari habitat asli ikan ini.

Ikan Arwana pada tempat penangkarannya ini bisa bertelur sebanyak 100 – 150 butir. Telur-telur ikan ini disimpan dalam mulut ikan jantan. Saat masih kecil telur ikan ini berbentuk bulatan merah dengan jentik kecil seperti berudu menempel di bulatan tersebut. Setelah beberapa minggu berudu tersebut membesar dan bulatan merah yang berperan sebagai makanan semakin mengecil dan akhirnya menghilang.

Demikian info mengenai mengenal ikan arwana secara singkat, semoga post kali ini mencerahkan kawan-kawan semua. Mohon post ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Add Comment

Click here to post a comment

Topics

Arsip

Kategori