Ikan Hias Perikanan

Bisnis Budidaya Ikan Hias Lebih Menguntungkan

Bisnis Budidaya Ikan Hias

Di artikel ini kami akan bahas perihal Bisnis budidaya ikan hias lebih menguntungkan. Budidaya ikan hias lebih menggiurkan jika dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi. Pemeliharaanya saja yang hampir sama. Untuk masalah penjualan umumnya ikan konsumsi dihargai dengan cara kiloan. Sedangkan ikan hias dihargai dengan sistem per ekor. Jadi dengan demikian bisnis budidaya ikan konsumsi lebih menekankan jumlah atau kuantitas. Sehingga budidaya ikan konsumsi perlu lahan yang luas dan sarana lebih banyak.

Bisnis Budidaya Ikan Hias

Berbeda dengan hasil budi daya ikan hias yang lebih menekankan mutu atau kualitas. Sehingga dapat dikerjakan di lahan sempit dan juga bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan. Bila tidak punya kolam yang luas, budi daya ikan hias dapat dilaksanakan di dalam akuarium atau bak semen yang cukup kecil. Jika lahan yang tersedia cukup kecil, Anda harus lebih selektif dalam memelihara ikan hias.

Macam-Macam Ikan Hias

Ikan hias yang dipelihara atau dibudidaya cukup yang berkualitas bagus saja. Sedangkan ikan hias yang berkualitas kurang bagus perlu segera dipisah karena memakan tempat. Ada berbagai ragam ikan hias yang bernilai ekonomi cukup tinggi yaitu antara lain :

  • Ikan Koi,
  • Ikan Manfish,
  • Ikan Koki,
  • Ikan Niasa,
  • Ikan Redfin,
  • Ikan Lemon,
  • Ikan Komet,
  • Ikan Sumatra Barb,
  • Ikan Black Ghost,
  • Ikan Aligator,
  • Ikan Arwana dan
  • Ikan hias jenis lainnya.

Ikan-ikan di atas adalah ikan hias yang biasa atau umum dicari para penghobi dan juga dibudidayakan oleh para petani ikan.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias air tawar ternyata mampu memberikan kehidupan untuk banyak orang yang menekuninya. Di samping orang suka akan keindahannya, banyak juga orang yang menggantungkan hidupnya dari membudidayakan ikan hias yang jenisnya bermacam-macam.

Tidak jarang beberapa petani atau pebisnis yang semula menekuni bisnis budidaya ikan konsumsi beralih menekuni bisnis budi daya ikan hias. Ikan konsumsi yang banyak dibudidayakan seperti ikan lele, ikan nila, guramih dan lain sebagainya. Peralihan itu dilakukan karena potensi ekonomis budi daya ikan hias lebih menggiurkan dibandingkan dengan ikan konsumsi.

Pola pemeliharaan dan pemberian makanan ikan hias hampir sama dengan ikan konsumsi. Namun bisnis budi daya ikan hias mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar. Karena harga ikan hias lebih mahal dari ikan konsumsi. Kunci sukses membudidayakan ikan hias ialah telaten dan senang dalam memeliharanya.

Kenapa Budidaya Ikan Hias Lebih Menggiurkan

Alasan mengapa budidaya ikan hias dipilih selain memiliki nilai jual yang tinggi, yaitu karena :

  • Proses pemijahan dan perawatan benih ikan hias tidak memerlukan modal yang terlalu besar.
  • Bisnis pembenihan atau budidaya ikan hias masih di daerah tertentu saja. Sehingga masih punya potensi yang luas. Sebab terkadang ada penggemar ikan hias yang bersedia mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah. Itu dilakukan hanya untuk mempunyai seekor ikan hias yang diinginkannya.

Hal inilah yang terkadang bikin harga ikan hias melambung tinggi. Di samping faktor kesukaan, keindahan ikan hias juga turut andil dalam menentukan harga. Secara umum ikan hias yang punya bentuk, warna, dan corak yang indah akan berharga cukup mahal. Di sinilah letak kunci sukses berbudidaya ikan hias, untuk menghasilkan ikan-ikan yang indah dan berkualitas bagus.

Keberadaan ikan hias sendiri sekarang tidak lagi hanya sebagai hiburan atau hobi semata. Namun sudah berkembang jadi objek yang dimanfaatkan untuk kepentingan dunia pendidikan, penelitian, medis maupun keperluan konservasi alam.

Ikan hias air tawar adalah salah satu jenis komoditas ekspor nonmigas bidang perikanan. Dan merupakan salah satu komoditas ekspor yang mampu menyumbang devisa negara cukup besar. Dengan kekayaan ikan hias yang melimpah di negara kita. Maka peluang Indonesia menjadi pengekspor komoditas ikan hias ini sangat terbuka lebar. Sehingga budi daya ikan hias ini layak kita gencarkan di masyarakat.

Keunggulan Budidaya Ikan Hias

Bisnis budi daya ikan hias adalah salah satu usaha yang memberikan alternatif sumber income untuk meningkatkan pendapatan pebisnis ikan hias. Bisnis budidaya ikan hias cukup prospek untuk dikembangkan. Hal ini dikarenakan dalam bisnis budi daya ikan hias punya keunggulan sebagai berikut :

  1. Teknologinya mudah diserap dan diaplikasikan, sebab teknologi yang dipakai cukup sederhana.
  2. Budi daya ikan hias bisa diusahakan dalam skala rumah tangga (usaha kecil), karena tidak butuh lahan yang luas.
  3. Perputaran modalnya cepat, bisa dipanen dalam jangka waktu yang relatif singkat.
  4. Budi daya ikan hias bisa menyerap tenaga kerja.
  5. Pasar yang menjanjikan baik domestik maupun ekspor.

Demikian informasi berkaitan dengan bisnis budidaya ikan hias lebih menguntungkan, semoga post kali ini berguna untuk kalian. Kami berharap post ini dishare supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Add Comment

Click here to post a comment

Topics

Arsip

Kategori